MANAJEMEN KONFLIK ASN DALAM PELAYANAN PUBLIK DI ERA NEW NORMAL PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS TPI MEDAN

Abstract

Sejak pandemi melanda berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia hingga di era new normal seperti saat ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut agar tetap memberikan pelayanan publik yang prima dan pastinya menciptakan berbagai inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.ASN juga dituntut untuk adaptif terhadap perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Manajemen Konflik ASN dalam melayani masyarakat di era new normalpada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan.  Variabel dari sumber-sumber konflik yang digunakan dalam penelitian ini adalah saling ketergantungan tugas, ketergantungan pekerjaan satu arah, diferensiasi horisontal yang tinggi dan formalisasi yang rendah yang merupakan beberapa teori konflik dari Robbins (1994) yang digunakan sebagai dasar untuk penelitian kualitatif ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan kepustakaan. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik yang timbul dalam pelayanan publik di era new normal tidak menjadi hambatan yang berarti karena pimpinan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dapat mengelola konflik yang terjadi secara efektif.

 

Kata Kunci : Manajemen Konflik, ASN, Pelayanan Publik, New Normal

Download File