ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBINAAN DAN LAYANAN PENGELOLAAN DATA DAN PENYAJIAN INFORMASI KEPEGAWAIAN
Download File

Keywords

indeks kepuasan masyarakat, kepuasan pelanggan, kualitas layanan, kinerja layanan

Abstract

Penguatan pelayanan publik merupakan salah satu isu strategis dalam rangka peningkatan reformasi birokrasi di Indonesia untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih. Pengukuran kinerja pelayanan publik dilakukan melalui pengukuran indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan publik yang oleh seluruh Instansi Pemerintah. Analisis indeks kepuasan masyarakat terhadap pembinaan dan layanan pengelolaan data dan penyajian informasi kepegawaian dilakukan untuk mengukur kinerja layanan Direktorat Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi Kepegawaian BKN. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi literatur dan survei IKM kepada seluruh Instansi Pemerintah, stakeholder dan masyarakat pengguna data kepegawaian. Studi pustaka dilakukan untuk menetunkan landasan teoritis, survei dilakukan dengan menyebarkan kuisoner secara daring. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif menggunakan metode univariate dan bivariate dengan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa indeks kepuasan masyarakat terhadap pembinaan dan layanan data adalah baik untuk seluruh variabel dan indikator. Adapun indikator terbaik sebagai nilai kompetetif Instansi adalah perilaku pelaksana, sedangkan rekomendasi dan saran tindak lanjut untuk meningkatan kualitas layanan publik yang prima adalah review standar dan prosedur, peningkatan sarana prasarana dan TI, waktu respon layanan, serta kompetensi SDM. 

Download File