LITERASI DIGITAL DALAM PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK PEMERINTAH
Download File

Keywords

Literasi Digital;
Kualitas Pelayanan Publik
Transformasi

Abstract

Memasuki era revolusi industri 4.0 dan menuju society 5.0 memberikan gambaran yang jelas mengenai dampak perubahan layanan publik dengan menyesuaikan konstruksi digital dalam mekanisme pemberian layanan publik. Adanya perkembangan teknologi dan peningkatan kompetensi dalam pengelolaan teknologi di sumber daya manusia merefleksikan bahwasanya sektor publik di beberapa negara maju telah melakukan perubahan dan menjadikan suatu acuan sebagai output keberhasilan dalam melakukan transformasi layanan publik yang ada di Indonesia.. Penelitian ini bertujuan menganalisa konsep literasi digital yang efektif dan sesuai dengan penerapan kualitas layanan publik di pemerintahan. Diperlukan adanya desain layanan publik berbasis digital yang dapat diimplementasikan secara menyeluruh dan terakselerasi menyesuaikan dengan dinamika kebutuhan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menjelaskan analisa mengenai 8 (delapan) aspek literasi digital yang dielaborasikan dengan parameter unsur penilaian kualitas pelayanan publik pemerintah yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai desain dari sistem pelayanan berbasis digital terintegrasi.

Download File