ANALISIS PENERAPAN PENGEMBANGAN KARIER PEGAWAI PADA PUSAT PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DAN KAJIAN DESENTRALISASI DAN OTONOMI DAERAH LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA
Download File

Keywords

karier, kompetensi, pengembangan karier, pengembangan kompetensi, penilaian potensi, rencana karier

Abstract

Pengembangan karier pegawai merupakan suatu hal yang penting bagi pegawai dalam suatu organisasi. Seorang pegawai mengharapkan adanya perubahan, perkembangan, kemajuan, dan kesempatan yang diberikan oleh organisasi kepadanya untuk maju ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih baik. Pegawai tentu mengharapkan bahwa kariernya dapat berjalan dengan baik dan berkembang sampai dengan jenjang tertinggi yang dapat diraih. Oleh karena itu, suatu organisasi perlu menerapkan pengembangan karier bagi pegawainya untuk memotivasi mereka agar dapat bekerja lebih optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pengembangan karier pegawai Puslatbang KDOD. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karier pegawai Puslatbang KDOD diterapakan melalui langkah-langkah pengembangan kompetensi, mutasi, promosi dan penilaian potensi. Kendala yang dihadapi terkait perencanaan karier pegawai, proses pengumpulan angka kredit, perbedaan persepsi karier dan kurangnya motivasi individu. Strategi optimalisasi pencapaian pengembangan karir dapat dilakukan dengan dialog anatara pegawai dan organisasi, peningkatan pengetahuan, penyelesaian tusi, penyusunan rencana karier.

https://doi.org/10.61133/pns.v16i1.354
Download File